Talk Show Kesehatan Ungkap Penyebab Keterlambatan Tumbuh Kembang Anak

Minggu, 29 Mei 2016 - 17:49 WIB
Talk Show Kesehatan...
Talk Show Kesehatan Ungkap Penyebab Keterlambatan Tumbuh Kembang Anak
A A A
JAKARTA - Tak hanya menggelar beragam lomba yang menarik, World Kids Edu-Fair yang diselenggarakan oleh Koran Sindo, Genie, Just For Kids dan Mom & Kiddie juga menghadirkan talk show kesehatan yang dipandu oleh ahli neurofeedback dan hipnoterasi, dr Roberth Kosasih MD SpFK.

Dalam kesempatan ini, dr Roberth menjelaskan, anak-anak yang mengalami terlambat tumbuh kembang dan mengalami gangguan, seperti telat berbicara dan sulit untuk konsentrasi disebabkan oleh beberapa hal.

Salah satunya karena keracunan logam berat dan adanya alergi. Menurut dr Roberth, keracunan logam berat biasanya dipicu oleh mengonsumsi ikan yang terkena merkuri. Sementara alergi biasanya disebabkan oleh makanan tertentu dan akan mempengaruhi imunitas tubuh.

"Adanya gangguan tumbuh kembang biasanya dipicu oleh keracunan logam berat seperti merkuri. Gara-gara makan ikan yang tercemar. Ketika sang ibu dalam proses kehamilan dan anak lahir, dewasa dan pembentukan sel otak itu akan berkembang selama lima tahun dan nggak mendapatkan kecukupan nutrisi terus keracunan logam berat juga, dia akan mengalami kerusakan sel otak," papar dr Roberth dalam acar World Kids Edu-Fair di Kota Kasablanka, Jakarta, Minggu (29/5/2016).

Selain keracunan logam berat dan alergi, penyebab lain terjadinya gangguan perkembangan jg bisa dipicu oleh pola asuh orang tua. Oleh karena itu, dr Roberth pun menyarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter jika mengalami hal tersebut.

"Bisa juga karena pola asuh. Anak pinter tapi kita melabelkan anak autis itu bisa juga jadi penyebab. Jadi kalau mengalami hal tersebut, segera berkonsultasi ke dokter dan diperiksakan," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)